Kombes Hendra Rochmawan, S.I.K, MH : Humas Sekarang Harus Menjadi Front Office

0
118

foto; Kombes Hendra Rochmawan, S.I.K, MH

Palangka Raya – mediapolisi.com – Awak Media Kabarpolisi Group biro Kalimantan Tengah jumpai Kabid Humas Polda Kalteng, pada Senin pagi (2/9/2019. Dalam rangka melakukan wawancara khusus dengan, Kombespol Hendra Rochmawan, S.I.K, MH. Wawancara tersebut terkait dengan tugas Kehumasan di Polda Kalteng.

Saat ditanya terkait dengan Kehumasan, perwira dengan tiga melati dipundaknya ini menyampaikan dengan gamblang, terkait dengan tugas, tantangan, dan perkembangan Bidang Humas Polda Kalteng.

“Untuk menjaga Humas berjalan dengan baik diperlukan semangat dan kerja keras semua personil. Beratnya tugas dan beban kerja tidak mengurangi semangat kami untuk terus membenahi bidang Humas. Walaupun dalam keterbatasan anggaran, sarana dan prasarana, dan juga beritanya terkait dengan Humas yang cenderung bekerja sendiri. Dia tidak hanya sebagai Spoke Men saja, yang tugasnya mengondisikan media, tapi juga sebagai King Maker atau Raja Pembuat Media. King Maker yang disandang bagian Humas memungkinkan untuk mengelola media, dengan bermitra dengan rekan-rekan dari media online,” urai Hendra Rochmawan.

Mantan Kapolres Palangka Raya ini juga menjelaskan bahwa saat ini Humas ditubuh Polri tidak lagi sebagai Back Office yang selalu berada di belakang. Tapi sekarang Bidang Humas sudah menjadi Front Office, mereka yang sudah dan harus berada di depan dalam rangka meningkatkan peran serta personil Polri.

“Humas saat ini adalah etalasenya Polri, yang pertama dilihat dan diperhatikan. Makanya humas sudah ada di Front Office. Humas bisa masuk ke mana-mana untuk ikut membantu bidang lainnya. Memang beberapa fungsi mengedepankan egosentris, dia ingin keberhasilan ditonjolkannya sendiri. Mereka tampil sendiri supaya kelihatan hebat. Makanya berilah ruang ke bagian humas yang menanganinya sebagai Spoke Men.” Begitu gamblang Kombespol Hendra Rochmawan, S.I.K, MH menjelaskan masalah bidang Humas yang dipimpinnya.

Hendra melanjutkan, “Sebagai Spoke Men sekaligus King Maker, Humas dituntut untuk bisa mengelola media, mengemas berita agar bernilai positif. Mitra erat kita tetap media. Saya harap rekan-rekan media terutama media online agar tidak hanya menampilkan narasi, tapi juga bisa memberikan nilai positif dengan mengemas Bad News menjadi Good News”

Hendra yang juga pernah menjadi Kepala SPN Tjilik Riwut menekankan lagi betapa pentingnya Humas Polri saat ini, sehingga bidang Humas menjelma sebagai Front Office.

“Kita saat ini tidak lagi sebagai Back Office, bukan saja meliput, memotret, atau merekam . Kita sudah sebagai Front Office yang selalu berada di depan dalam membantu kegiatan personil Polri. Dulu Back Bone adalah Sat Lantas dan Sabhara, sekarang Bidang Humas sudah menjadi Back Bound yang ikut andil dalam kemajuan Polri,” urai Hendra Rochmawan menutup pembicaraan dengan awak media Kabarpolisi Media Group biro Kalimantan Tengah.
( Eman Supriyadi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here