BERBAGI

GUNUNGKIDUL, mediapolisi.com –
Otonomi daerah sebagai patokan pengembangan desa menjadi keharusan dalam mengembangkan dan pemberdayaan masyarakat di desa, sejalan dengan itu tata kelola pemerintahan yang baik akan menghasilkan masyarakat yang produktif di tambah dengan keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat itu sendiri.

Rangkaian Pilkades serentak yang akan di lakukan pada 23 November nanti menjadi tonggak di mulainya babak baru pembangunan desa, karena itu di perlukan keamanan dalam penyelenggaraan Pilkades serentak.

Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan S.I.K dan Dandim 0730 Kolonel Inf Noopy Laksana Armyanto S.H di dampingi Kapolsek Karangmojo Kompol Sunaryo dan Kasat Binmas AKP Yuliyanto, saat melakukan acara silaturahmi Kamtibmas bersama dengan 144 Kepala Desa se – Kabupaten Gunungkidul di restoran bebek goreng pak Koes karangmojo, Jumat (8/11/09).

Dalam sambutannya Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan mengatakan agar semua komponen bisa menjaga ketertiban dalam pelaksanaan Pilkades serentak.

“Dari data yang ada saat ini ada 56 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak, dan ada 163 calon kepala desa yang akan berkompetisi,” ungkap Kapolres.

Agus juga mengatakan kepolisian dalam rangka pengamanan Pilkades serentak akan mengerahkan 285 personel dan di perbantukan dalmas dan babinkamtibmas yang sudah ada di setiap desa.

“Untuk daerah yang berbatasan langsung dengan kebupaten lain seperti semin, Ngawen dan Gedangsari, dari informasi yang saya dapatkan setiap Pilkades ini selalu muncul para penjudi dadakan atau kita sering kenal dengan “botoh”, sehingga para botoh ini dapat membuat kondisi menjadi tidak kondusif, nanti dalam waktu dekat ini kita akan melakukan gelar cipta kondisi untuk lebih memantapkan lagi kesiapan Kamtibmas menjelang Pilkades,” tambahnya Agus.

KLIK JUGA :  Kapolres AKBP Apri Wibowo, Serap Aspirasi Ninik Mamak, Ormas dan OKP

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0730 Gunungkidul dalam pemaparannya mengatakan setelah kemarin Kamis (07/11/09) TNI dan polri beserta Dinas DP3HKBPMD melakukan pemantauan lapangan secara langsung di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul yang langsung berbatasan dengan kabupaten Klaten, semua terlihat kondusif walaupun harus tetap bersiaga dalam menciptakan kondisi keamanan yang benar-benar kondusif sehingga masyarakat bisa merasa aman.

“Saya meminta kepada panitia pelaksana Pilkades agar dapat melakukan deteksi dini sehingga bila mana ada kondisi yang akan memunculkan kondisi keamanan menjadi tidak kondusif langsung laporkan kepada kami, melalui Babinkamtibmas maupun Babinsa,” kata Dandim.

Di waktu yang bersamaan Kasat Binmas AKP Yuliyanto mengatakan Panitia Pilkades harus sudah mencek logistik yang akan di pergunakan dan aturan yang berlaku jangan sampai dengan logistik yang kurang menimbulkan kekisruhan di lapangan.

“Logistik Pilkades harus sudah di persiapkan dan juga aturannya sehingga Pilkades ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar,” kata Yulianto.

Sementara itu di tempat yang berbeda Tokoh pemuda Semin Eli Santoso (tosan) saat di temui media di Cafe Simbok miliknya membenarkan ucapan Kapolres Gunungkidul di mana fenomena botoh selalu hadir di setiap gelaran Pilkades.

“Ya..benar sekali apa yang dikatakan Kapolres Gunungkidul, dan biasanya para botoh ini memang orang luar Gunungkidul, kita tau semin ini berbatasan dengan tiga Kabupaten sehingga keamanan dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini sangat lah penting,” ungkap Tosan.

Tosan juga mengatakan dirinya mengerti sekali bagaimana botoh bermain, karena dahulu dirinya juga pernah melakukannya.

“Saya bisa mengatakan seperti ini Karena dulu saya juga bagian dari botoh itu sendiri, dan bila saya di perbantukan pihak keamanan dalam menjaga keamanan dalam Pilkades ini saya siap, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Semin dalam Pilkades ini,” tambahnya.

KLIK JUGA :  Polres Halsel Resmi Tutup Pemeriksaan Administrasi Awal Taruna-Taruni Akpol Polri 2020

Tosan berharap agar Pilkades serentak ini bisa berjalan aman dan tertib sama seperti harapan pihak keamanan.
(WAP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here