Polda DIY Tangkap ILegal Mining Di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, mediapolisi.com
Gunungkidul dengan kontur daerah berbatu kapur dan banyak terkandung mineral di dalamnya sehingga membuat para penambang ilegal memanfaatkan kesempatan melakukan penambangan ilegal.

Direktorat Seserse Kriminal Khusus (Disekrimsus) Polda DIY telah menangkap penambang ilegal di Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, kabupaten Gunungkidul. Dari konferensi pers yang di lakukan Polda DIY beserta polres Gunungkidul Jumat (7/2/2020), kasubdit IV Pidter Ditreskrimsus Polda DIY AKBP. Qori Oktohandoko S.H, S.I.K mengatakan bahwa dari informasi yang di terima dari masyarakat para penambang tidak mengantongi izin untuk melakukan aktifitas tambang.

Ia juga menambahkan setelah polisi melakukan tindakan dan melakukan pendalaman ternyata izin tambang yang di kantongi tidak pernah di perpanjang.

“Kita melakukan penindakan kepada PT X pada Jumat (31/1/2019) yang lalu karena informasi yang kami terima dari masyarakat mereka tidak mengantongi izin melakukan aktivitas tambang,” ungkapnya.

Qori menambahkan setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut ternyata aktifitas illegal mining ini sudah berlangsung selama 16 tahun.

“Pabrik tambang ini telah beroperasi selama 16 tahun, awalnya mereka memiliki izin, namun setelah izin habis mereka tidak memperpanjang izin tambangnya hingga saat ini, sampai saat ini kami terus melakukan pendalaman apa kah ada pihak-pihak tertentu yang bermain,” tambah Qori.

Dari hasil pengerebekan polisi mendapati beberapa barang bukti berupa 2 ekskavator, 2 dump truk, serta mengamankan PPT(57) warga ancol, kecamatan Pademangan, Jakarta Utara dan SS (63) warga Kecamatan Ponjong, dari keterangan tersangka aktifitas tambang yang di lakukan perharinya mampu menghasilkan 30 truk batu kapur dengan harga Rp 300 ribu hingga Rp 350 ribu per truknya.

Kedua di ancam dengan pasal 158 UU RI nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara dengan hukuman 10 tahun penjara atau denda sedikitnya 10 milyar.
(WAP)

KLIK JUGA :  Terendam Banjir, Satlantas Polres Katingan Atur Arus Lalulintas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here