Kabid Humas Polda Sulsel dan Kapolres Maros Kumpulkan Wartawan

0
27

MAROS, mediapolisi.com – Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo bersama Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon mengumpulkan wartawan atau jurnalis di Maros. Pertemuan yang dikemas dengan coffee morning tersebut berlangsung di Kafe Buana komplek eks Terminal Marusu Turikale Maros, Kamis (6/2/2020).

Pertemuan yang diisi diskusi ini digelar untuk meningkatkan sinergitas kemitraan Polri dengan insan media, terkhusus di Maros.

Puluhan wartawan dari media cetak, harian dan tabloid, media online, radio dan televisi yang bertugas meliput di Maros hadii pertemuan ini, termasuk jurnalis Kabarpolisi Media Group

Selan jurnalis, sejumlah personel Polisi juga hadir dalam kegiatan yang berlangsung santai tersebut. Kegiatan ini difasilitasi Polres Maros.

Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, kegiatan ini perlu dilakukan untuk menjalin dan mempererat silaturahmi antara polisi dan jurnalis.

Dia mengatakan bahwa dirinya keturunan Maros, orangtuanya pernah tinggal di Marusu. Dia meminta kepada insan media supaya membuat berita yang berimbang atau terverifikasi.

“Kalau menulis, janganlah sekali-kali menuangkan emosional dalam berita. Berita itu akan semakin keras,” ungkapnya.

Dia juga meminta kepada segenap wartawan, terkhusus yang bertugas di Maros, untuk memberitakan sesuai fakta, jangan beropini, terlebih lagi tendensius, yang sifatnya menimbulkan trial by the press atau mengadili dalam pers.

“Wartawan sebagai salah satu pilar demokrasi dalam kapasistas sosial kontrol dan Polisi sebagai bagian pilar penegak hukum, marilah kita saling membantu dan meningkatkan sinergitas kemitraan. Kita perlu memang menciptakan berita dengan trik-trik tertentu, yang bisa terlepas dari sifat tendensius,” ujarnya.

Wartawan menulis berdasarkan aturan Dewan Pers. Media juga harus terverifikasi. Di Makassar ada 400 an media. Namun yang terverikasi hanya belasan.

BACA JUGA :  Lakukan Kunker, Kapolda Riau Sebut Polresta Pekanbaru Baik Dalam Pelaksanaan 7 Program Prioritas Kapolri

“Mereka yang tidak terverikasi tetap menjadi mitra, tapi harus ada batasan,” katanya.

Sementara itu, AKBP Musa Tampubolon mengatakan, Polisi dan media harus bersinergi untuk menciptakan iklim yang kondusif di Maros.

“Kalau yang diberitakan oleh media semua yang baik-baik untuk daerah kita, yang merasakan dampak baiknya kita juga, investor akan masuk ke daerah kita yang akan berpengaruh dengan kesejahteraan daerah kita, khususnya Maros,” ungkapnya
(Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here