KAN lareh Nan Panjang Lepas dan Antarkan AKBP Cepi Noval ke Pesisir Selatan

0
31

BINGKISAN – AKBP Cepi Noval, S.I.k Sutan Bagindo Rajo menyerahkan bingkisan kepada Ketua KAN Lareh Nan Panjang

Padang Panjang, mediapolisi.com – Kerapatan Adat Nagari (KAN)  Lareh Nan Panjang, Kota Padang Panjang menggelar acara melepas dan mengantarkan mantan Kapolres Padang Panjang AKBP cepi Noval, S.I.k ke tempat tugas barunya sebagai Kapolres Pesisir Selatan.

Acara pelepasan dilakukan di Kantor KAN Lareh Nan Panjang di Nagari Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur, Minggu (22/9).

Menurut Ketua KAN Lareh Nan Panjang, M. Aulia Datuak Sararajo, acara pelepasan dan mengantar AKBP Cepi Noval S.I.k ini sebagai bentuk rasa kekeluargaan masyarakat Lareh Nan Panjang terhadap diri Cepi yang telah diangkat sebagai anak kemenakan nagari setempat.

“AKBP Cepi Noval adalah anak kemenakan Nagari Lareh Nan Panjang yang dikukuhkan dengan Gelar Sutan Bagindo Rajo, 5 Mei 2018 lalu,” ujar Angku Aulia.

Penganugerahan gelar adat kepada Cepi ini berasal dari kaum Sikumbang di Kenagarian Lareh Nan Panjang.

Dalam kesempatan acara pelepasan, M Aulia menyampaikan harapan kepada Cepi Noval, meski sudah pindah tugas ke Pesisir Selatan agar tetap mengingat kaum dan nagarinya.

Sebab, setelah seseorang dari suku luar masuk dalam sistim adat di Minangkabau, maka status adat itu akan melekat selamanya dan berkewajiban menjaga dan memelihara status tersebut sampai akhir kelak.

M. Aulia juga meminta Cepi Noval untuk terus menjaga silaturahmi dan komunikasi dengan kaum dan sukunya di Nagari Lareh Nan Panjang.

Sementara itu, AKBP Cepi Noval dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas perhatian dan pembinaan ninik mamak, bundo kanduang dan saudaranya di Lareh Nan Panjang, selama bertugas di Padang Panjang.

Cepi menyatakan bahwa dirinya tidak mungkin melupakan Nagari Lareh Nan Panjang yang telah mengangkat dirinya sebagai bagian dari Suku Sikumbang. Bahkan sebaliknya, Cepi mengatakan Lareh Nan Panjang adalah kampung keduanya, setelah Purwakarta, Jabar.

“Saya pasti akan pulang kembali ke Lareh Nan Panjang meskipun saya nantinya akan berpindah tugas ke berbagai daerah. Sebab negeri itu telah mengangkat derajat dan harkat diri saya sebagai bagian dari etnis Minang,” katanya.

Ikut mendampingi Cepi Noval dalam acara melepas dirinya oleh KAN Lareh Nan Panjang, Kapolres Padang Panjang yang baru AKBP sugeng Hariyadi, S.I.k,MH bersama istri.

Acara Menghantar Anak Kemenakan

Setelah selesai acara melepas Cepi secara adat, Ahad (22/9), KAN Lareh Nan Panjang juga akan menghantar Cepi ke tempat tugasnya yang baru di Painan, Senin (23/9).

Menurut Aulia, dalam acara menghantar Cepi sebagai anak kemenakan ini, pihak KAN Lareh Nan Panjang secara adat menyerahkan Cepi kepada ninik mamak yang tergabung dalam KAN salah satu nagari di Painan.

Acara menghantar ini, akan diselenggarakan setelah acara resmi pisah sambut Kapolres Pesisir Selatan dari AKBP Fery Herlambang, S.Ik, kepada AKBP Cepi Noval, S.I.k di Mapolres Pesisir Selatan di Painan.

Selain ninik mamak Lareh Nan Panjang, ikut serta menghantar Cepi ke Pesisir Selatan, Pengurus KAN Bukit Surungan dan KAN Gunung. Tiga nagari ini adalah wilayah adat yang berada dalam administrasi kota Padang Panjang. (awe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here