Beranda HEADLINE Sebar Hoax Pasukan Buzzer, Polri Lacak Akun Twitter @Opposite6890

Sebar Hoax Pasukan Buzzer, Polri Lacak Akun Twitter @Opposite6890

36
0
BERBAGI

Dedi Prasetyo

JAKARTA, mediapolisi.com – Direktorat Tindak Pidana Siber Polri sedang melacak akun anonim @Opposite6890 yang menyebarkan fitnah (hoax) di dunia maya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo membantah tudingan akun Twitter @Opposite6890 yang menyebut Polri punya pasukan buzzer untuk mendukung calon presiden nomor urut 01.

“Saya tegaskan lagi, apa yang disebarkan itu tidak benar, apalagi menyangkut pemilu. Netralitas adalah harga mati,” ujar Dedi di kantornya, Jumat, 8 Maret 2019.

Menurut jenderal bintang satu ini, akun opposite6890 tersebut dinilai sebagai akun anonymous yang dianggap tidak bisa dipertanggungjawabkan dan tidak kredibel.

Dia meminta agar tidak menggunakan informasi dari akun tersebut untuk dijadikan sebagai berita.

“Kalau akun tidak bisa dikonfirmasi, diverifikasi, maka yang sebarkan beritanya itu hoax. Ada ancamana hukuman pidana apabila ada pihak yang merasa dirugikan terharap apa yang diviralkan, berupa narasi, foto dan video,” ucap dia.

Dia mengatakan, media sosial merupakan area publik yang bisa menjadi barang bukti apa yang sudah diviralkan. Terkait munculnya IP address yang menunjukan alamat Mabes Polri yang ada di Jalan Trunojoyo, dia menjelaskan.

“Soal IP address kan wifi di Mabes polri itu area publik jadi bisa diakses siapapun. Langkah-langkah progresif sudah dilakukan oleh direktorat cyber. Kita akan profil dan mengidentifikasi, siapa yang punya akun opposite6890 itu,” ucap Dedi.

Musta’in

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here