Patroli Angkatan Laut Tanjung Balai Gagalkan Penyeludupan Shabu Asal Malaysia

0
2

TANJUNGBALAI, Mediapolisi.com –
Patroli Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan (TBA), Sumut, berhasil menggagalkan penyeludupan Sabu asal Malaysia yang dibawa TKI ilegal berinisial ‘HM’ menggunakan sebuah speedboat, Selasa (26/11). Sabu seberat 541 gram itu kini disita BNNP Sumut.

Komandan Lanal TBA, Letkol Laut Dafris, kepada Pers menyebutkan, pengungkapan kasus penyeludupan Sabu ini berawal dengan ditangkapnya satu kapal motor tanpa merek yang memuat 21 orang TKI ilegal dari Malaysia.

Saat dilakukan penangkapan posisi kapal tersebut sudah berada di perairan Kuala Bagan Asahan, Selasa, (26/11) pukul 15.30 WIB.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh TKI ilegal tersebut. Ternyata dari dalam tas HM ditemukan dua paket  narkotika jenis sabu – sabu seberat 541 gram.

Atas temuan itu, kata Danlanal TBA, pihaknya berkoordinasi dengan BNNK  Tanjungbalai untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Hasil pemeriksaan BNNK menyatakan dua paket berisi kristal putih itu mengandung metamfetamin (sabu-sabu).

HM sendiri yang diduga adalah kurir sabu antarnegara dalam pengakuannya, mengatakan bahwa barang haram itu dititipkan seorang kawannya dari Malaysia agar diserahkan ke seseorang yang berada di Aceh. HM mendapatkan upah sebesar  Rp 25 juta, setelah paket diserahkan kepada si penerima.

Atas pengungkapan ini tersangka bersama barang bukti sabu 541 gram diserahkan kepada BNNP Sumatera Utara untuk proses lebih lanjut. “Sementara TKI lainnya dititipkan ke Kantor Imigrasi Tanjungbalai guna dilakukan pendataan,” ungkap Danlanal.

Kasi Penyidik BNNP Sumut, Kompol P. Pasaribu mengapresiasi Lanal TBA atas keberhasilan menggagalkan penyelundupan narkotika dari Malaysia.

Tersangka HM kelahiran 1995 adalah warga Dusun Darul Aman, Desa Darussalam, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.(Auda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here