Bareskrim Polri Buru Pemilik Akun @opposite6890

0
52

JAKARTA, mediapolisi.com – Akun penyebar hoax (berita bohong) @opposite6890 sudah diidentifikasi Polri. Kini pelaku dalam buruan Tim Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan Polri telah mengantongi identitas pemilik akun Twitter dan Instagram @Opposite6890 yang telah menuding institusi hukum itu menjadi buzzer untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Tim dari Direktorat Siber Bareskrim sudah mengindentifikasi pemilik akun @Opposite6890 untuk diproses hukum karena telah menyebarkan propaganda di media sosial,” ujar Dedi di kantornya, Jakarta Selatan pada Senin, 11 Maret 2019

Pemilik akun itu bisa segera ditetapkan sebagai tersangka. Untuk menjerat pelaku penyidik membutuhkan dua alat bukti yang cukup. Seluruh alat bukti yang beredar di media sosial, dihitung satu alat bukti. Karena itu, kata Dedi, Polri membutuhkan satu alat bukti lainnya yang bisa memperkuat proses hukum terhadap pemilik akun media sosial Twitter @Opposite6890. “Harus dilengkapi dengan alat bukti yang lain,” kata Dedi.

Akun itu menayangkan video yang mengungkap keterlibatan Polri dalam memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf Amin.

Dalam video itu, Polri disebut-sebut membentuk tim buzzer yang terdiri dari 100 orang pada setiap polres di seluruh Indonesia, juga mengatakan gerakan secara terorganisir di tingkat polres hingga Mabes Polri untuk memenangkan Jokowi.

Fitnah

“Semua itu hoax. Akun anonim kok dipercaya,” kata kata Dewinta Pringgodani pengamat politik hukum dan keamanan kepada media ini tadi sore.

Dewi menduga ada motif politik untuk merusak nama baik Polri. “Pelaku harus segera ditangkap dan diajukan ke pengadilan,” kata wanita cantik kelahiran Solo Jawa Tengah itu.

Muhammad Rezky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here